Menghapus Suatu Adegan Video Tanpa Re-Encode


Dalam banyak kesempatan kita mungkin sering sekali mendapati suatu tontonan yang sangat bagus nan kece dan berkeinginan tuk berbagi atau nonton bersama di ruang keluarga. Akan tetapi dalam video atau tontonan tersebut nyelip sebuah adegan yang mungkin akan memberi rasa tak nyaman jikalau di tonton bersama adik kakak ponakan ayah ibu ataupun lain sebagainya. 

Cara praktis yang ditunjukan dalam video berikut mungkin bisa dipakai dalam rangka untuk menghilangkan adegan tersebut.


Meskipun yang menjadi contoh dalam video adalah menghilangkan iklan. Akan tetapi terlihat, apabila prosesnya sendiri hanya berlangsung dalam beberapa menit. Hal ini dikarena dalam prosesnya tanpa melalui proses encoding. Cukup dengan memotong bagian yang ingin disimpan dan kemudian menggabungkannya kembali. Berikut lebih detil dari proses dalam video...

Pemotongan
  • Buka video dengan MkvToolnix dan masukan juga subtitel ke dalamnya apabila menonton dengan memakai subtitel. Sehingga di akhir cerita tak perlu melakukan pengaturan ulang timecode dari subtitel itu (retime/resync).
  • Main ke tab 'Global' lalu pilah 'Split by part based on timecode' pada bagian 'Split mode'
  • Lalu kemudian masukan timecode-nya. Semisal bagian yang ingin saya lenyapkan ada pada timecode "10:36-11:54" dan video tersebut berdurasi satu setengah jam, maka dalam kolom saya akan tulis "00:00-10:35,11:53-01:30:00". Gunakan "-" diantara awal dan akhir timecode dan koma untuk memisah bagian yang satu dengan yang lain.
  • Setelah itu, dengan menekan 'Start muxing' maka dalan beberapa detik video akan terpotong sesuai dengan request dan dengan tanpa mempengaruhi video-source kita. ama si Mkvtoolnix dibuatin file baru maksudnya..
Penggabungan
  • Apabila pada MMG masih terdapat video-source kita, maka tekan 'Remove all' tuk menghilangkannya. 
  • Tekan 'add' tuk memasukan file pertama (potongan pertama), kemudian tekan 'Append' dan buka file yang akan disambungkan (potongan selanjutnya).
  • Tak lupa tuk mengembalikan 'Split mode' pada 'no split'. Sering kali saya kelupaan... 
  • Dengan menekan 'Start muxing' dalam sekejap, video yang tadinya kita potong akan kembali menyatu menjadi satu bagian.

Demikian mungkin, moga berhasil.

eniwey, Mkvtoolnix atau Mkvmerge atau MMG memotongan video berdasarkan keyframe. Tuk mencari keyframe saya memakai MPC dengan cara menekan jalan pintas keyboard 'Ctrl ←' dan 'Ctrl →'. Dalam hal ini mungkin diluar sana ada cara yang lebih efektif tuk mencari keyframe tersebut (Kalu tau, ser donxx.. ma ane dimari...^^). Satu hal lagi, pastikan memasukan file dengan urutan yang benar saat menggabungkan video filenya.


..~..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar